Kampung Pancasila: Inisiatif Mewujudkan Persatuan dan Kebhinnekaan dari TNI AD

    "Kampung Pancasila:Inisiatif Mewujudkan Persatuan dan Kebhinnekaan dari TNI AD"

    kampung pancasila yang berlandaskan kebhinekaan
    kampung pancasila yang berlandaskan kebhinekaan


    Hai, Sobat! Gue mau ceritain nih tentang program keren dari TNI AD, yaitu "Kampung Pancasila." Ini bukan cuma sekadar program biasa, tapi juga sebuah inisiatif yang keren banget buat wujudin persatuan dan kebhinekaan di Indonesia.

    Kenalan Sama Kampung Pancasiladari TNI AD

    Jadi begini, Kampung Pancasila ini sebenernya adalah inisiatif dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman. Beliau bikin program ini buat ajak warga Desa Patoman, Banyuwangi, buat tetap bersatu dalam perbedaan.

    Gue rasa, ini keren banget karena nggak hanya soal militer, tapi juga tentang membangun persatuan di antara kita semua, teman-teman. So, kampung ini jadi tempat yang nge-wakilin banget tentang semangat Bhinneka Tunggal Ika kita.

    Uniknya Kampung Pancasila dariTNI AD

    Nah, yang lebih unik lagi, Kampung Pancasila ini bukan cuma sekadar simbol. Mereka berhasil bikin kehidupan bermasyarakat yang rukun antar agama dan suku. Ada Hindu, Buddha, Kristen, Islam, hidup berdampingan dengan damai.

    Gue suka banget konsepnya yang ngajakin semua warga buat tetap solid tanpa melihat perbedaan agama atau suku. Jadi, ini bukan cuma program militer, tapi juga sebuah proyek nyata buat mempererat persatuan dan kebhinekaan.

    Peran Kasad dalamMengapresiasi Kampung Pancasila

    Ada nih cerita menarik dari Kasad, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, yang sangat mengapresiasi Kampung Pancasila ini. Dia nggak hanya ngajak warga untuk bersatu, tapi juga turut meresmikan kampung ini sebagai simbol persatuan. Keren banget kan?

    Beliau juga cerita tentang cita-cita Pancasila, bahwa bangsa ini didirikan dan dimerdekakan oleh semua golongan, semua agama. Ini bukan hasil satu kelompok atau satu agama saja. Jadi, Kampung Pancasila ini diharapkan jadi model buat seluruh Indonesia.

    Langkah-Langkah MenujuPersatuan dari TNI AD

    Gue suka cara Kasad menjelaskan bahwa persatuan dan kesatuan Indonesia itu bagaikan atap rumah. Fondasinya adalah Pancasila atau Kebhinnekaan, tiangnya persatuan dan kesatuan, dan atapnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi, semua elemennya saling terkait dan penting buat kelangsungan bangsa.

    Selain kunjungan ke Desa Patoman, Kasad juga melakukan kegiatan seru lainnya, seperti kunjungan ke Pondok Pesantren Mabadi’ul Ikhsan Karangdoro di Banyuwangi. Di sana, dia menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan dan betapa pentingnya generasi muda paham tentang nilai-nilai luhur bangsa.

    Kesimpulan: Kampung Pancasila,Keren Banget!

    Jadi, intinya Kampung Pancasila dari TNI AD ini lebih dari sekadar program. Ini tentang sebuah komitmen dan aksi nyata untuk membangun persatuan dan kebhinekaan di tengah masyarakat. Semoga Kampung Pancasila bisa jadi inspirasi buat kampung-kampung lain di Indonesia, ya! ✨🇮🇩

     

    Baca Artikel Lainnya:

    LihatTutupKomentar