Badan Otorita Borobudur (BOB): Pilar Pelestarian Warisan Dunia

    Badan Otorita Borobudur (BOB): Pilar Pelestarian Warisan Dunia

    Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BOB): Pilar Pelestarian Warisan Dunia
    (BOB) Candi Borobudur


    Candi Borobudur, sebagai salah satu keajaiban dunia yang berlokasi di Jawa Tengah, Indonesia, selalu menarik perhatian baik dari wisatawan lokal maupun internasional. Sebagai bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam menjaga dan mengembangkan kawasan ini, Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BOB) didirikan.

    Latar Belakang dan Tujuan Pendirian BOB

    BOB bertugas sebagai lembaga eksekutif di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Tujuan utamanya adalah mengoptimalkan potensi Candi Borobudur sebagai destinasi wisata budaya kelas dunia, tanpa mengabaikan aspek pelestarian dan keberlanjutan.

    Visi, Misi, dan Program Kerja

    BOB memiliki visi untuk menjadikan Borobudur sebagai pusat peradaban, kebudayaan, dan kearifan lokal yang berwawasan global. Untuk mencapai visi ini, BOB berupaya mempromosikan Borobudur tidak hanya sebagai situs bersejarah, tetapi juga sebagai tempat yang merefleksikan keanekaragaman dan kekayaan budaya Indonesia.

    Beberapa program kerja yang dilaksanakan BOB meliputi pemeliharaan fisik Candi Borobudur, pengembangan fasilitas pendukung, promosi pariwisata, serta pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan kualitas pelayanan wisata.

    Pengaruh BOB Terhadap Industri Pariwisata Indonesia

    Dengan keberadaan BOB, Candi Borobudur semakin menunjukkan eksistensinya sebagai destinasi utama di Indonesia. Jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat setiap tahunnya, memberikan dampak positif terhadap ekonomi lokal dan nasional.

    Tidak hanya itu, keberhasilan pengelolaan oleh BOB menjadi contoh bagi situs-situs warisan lainnya di Indonesia tentang bagaimana menggabungkan konsep pariwisata dan pelestarian secara harmonis.

    Baca Juga Artikel lainnya:
    Pariwisata berkelanjutan

    Labuan Bajo

    Nuzanthra

    Kesimpulan

    Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BOB) memiliki peran strategis dalam menjaga dan mempromosikan Candi Borobudur di kancah internasional. Dengan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, BOB memastikan bahwa keajaiban dunia ini tetap berdiri kokoh, menceritakan kisah kejayaan masa lalu, sekaligus menjadi inspirasi untuk generasi masa depan.

    LihatTutupKomentar